Copyright 2019 - Pengadilan Agama Arga Makmur

 

Pimpinan rapat dari kiri Panitera, Ketua dan Wakil Ketua

Setelah libur beberapa hari dalam rangka lebaran, memasuki bulan Syawal ini Pimpinan mulai fokus membina dan membenahi bidang kepaniteraan. Pembinaan diawali dari kejurusitaan yang selama ini dianggap sedikit mengalami beberapa kendala sehingga mempengaruhi jalannya persidangan. Kendala tersebut telah dicoba diatasi dengan mengadakan rapat-rapat terbatas antara Ketua, Waka, Panitera, dan Wapan serta para Jurusita dan Jurusita Pengganti. Dalam rapat tersebut telah diambil berbagai langkah dan kebijakan strategis yang dianggap menjadi solusi terhadap persoalan yang ada.

Setelah selesai masalah kejurusitaan pembinaan dilanjutkan dengan mengadakan rapat umum yang melibatkan seluruh jajaran kepaniteraan mulai dari meja 1, meja 2, meja 3, jurusita &jurisita pengganti, para panitera pengganti, wapan dan panitera serta seluruh hakim dan pimpinan. Rapat dilaksanakan pada hari Selasa 18 Juli 2017 dengan mengambil tempat di ruang sidang utama. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua dan didampingi oleh Wakil Ketua dan Panitera.

Ada bebera hal yang dibicarakan dalam rapat kali ini yakni: mulai dari masalah meja 1 tentang layanan penerimaan perkara, penulisan register, penertiban instrumen sidang, kominmen dan tanggung jawab para panmud, panitera pengganti serta para hakim untuk memperlancar penangan perkara, serta masalah direktori putusan.

 

Peserta rapat seluruh Hakim, Panitera Pengganti, Jurusita &JSP, petugas meja 1 dan petugas register

Dalam pelaksanaannya, rapat berlangsung sekitar jam 14.00 wib, diawali oleh Panitera selaku pembawa acara, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan hasil temuan dan pengawasan oleh Wakil Ketua dan berlanjut dengan Ketua yang membedah satu persatu permasalahan yang dihadapi. Setelah Panitera membuka rapat, selanjutnya Wakil Ketua menyampaikan hasil temuannya yang secara garis besar dikelompokan kepada empat hal yakni pertama, masalah penulisan format Relass, BAS serta Putusan yang belum sesuai dengan petunjuk yang ada, kedua, penggunaan renvoi baik di Relass, BAS, Laporan Mediator juga belum menggunakan petunjuk yang ada, ketiga, rumusan-rumusan kalimat di BAS masih ditemukan banyak hal yang harus dibenahi, keempat, keakuratan penulisan antara Bas, Putusan, PBT dan register, minutasi, penulisan register dan lain sebagainya.

Seusai Wakil Ketua memaparkan hasil temuannya rapat dilanjutkan oleh Ketua yang menghasilkan beberapa kebijakan dan kesepakatan yang segera ditindaklanjuti yakni:

1.       Pembenahan dan perbaikan di Meja 1 dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat pencari keadilan;

2.       Pengisian register perkara, dengan menunjuk dan membagi tugas beberapa orang tenaga  baru, karena tenaga yang ada selama ini dianggap tidak seimbang dengan beban tugasnya karena banyaknya perkara.

3.       Pemanfaatan instrumen perkara, agar semua aktif menjalankannya mulai dari ketua majelis, PP, jurusita, serta petugas lainnya.

4.       Direktori Putusan, seluruh putusan segera diupload baik ke Direktori Mahkamah Agung dan juga ke SIPP dengan menunjuk beberapa orang petugas untuk melaksanakan tugas tersebut.

Karena keterbatasan waktu, rapat belum bisa menuntaskan permasalahan yang masih ada, dan untuk tindaklanjut temuan-temuan Wakil Ketua akan dibicarakan dalam rapat selanjutnya. Akhirnya rapat ditutup oleh Panitera tepat pada pukul 16.30.